February 25, 2024

Cara Mengatasi Windows Tidak Dapat Mencetak Karena Masalah Dengan Pengaturan Printer Saat Ini

Mengatasi masalah pada printer adalah hal yang umum terjadi pada pengguna komputer, terutama pada sistem operasi Windows. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah saat mencoba mencetak dokumen, muncul pesan Windows cannot print due to problem with the current printer setup. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah Windows cannot print due to problem with the current printer setup:

How To Fix Windows Cannot Print Due To A Problem With The Current Printer Setup Microsoft Word Error
How To Fix Windows Cannot Print Due To A Problem With The Current Printer Setup Microsoft Word Error

1. Cek koneksi jaringan antara komputer dan printer

Pastikan bahwa koneksi antara komputer dan printer sudah terhubung dengan baik. Anda bisa mencoba mencetak dokumen uji coba untuk mengecek apakah printer sudah terhubung dengan benar atau tidak. Jika koneksi terputus, maka coba periksa kembali kabel USB atau jaringan, dan pastikan bahwa printer sudah terhubung dengan benar.

2. Restart layanan Print Spooler

Print Spooler adalah layanan yang bertanggung jawab untuk mengirim dokumen yang akan dicetak ke printer. Jika layanan ini terhenti atau bermasalah, maka pesan error Windows cannot print due to problem with the current printer setup muncul. Anda bisa mencoba merestart layanan Print Spooler dengan cara:

– Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka jendela Run.
– Ketik services.msc (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
– Cari layanan Print Spooler pada daftar, kemudian klik kanan dan pilih Restart.

3. Periksa status driver printer

Kadang-kadang masalah Windows cannot print due to problem with the current printer setup disebabkan oleh driver printer yang rusak atau tidak terpasang dengan benar. Anda bisa mengecek status driver printer dengan cara:

– Klik kanan pada ikon printer di taskbar, kemudian pilih Open Printer App atau Devices and Printers.
– Klik kanan pada printer yang bermasalah, kemudian pilih Properties.
– Pada tab General, periksa status driver printer. Jika statusnya Driver is unavailable, maka Anda perlu mengunduh dan menginstal driver printer yang sesuai dengan model printer yang digunakan.

4. Periksa pengaturan printer

Pastikan bahwa pengaturan printer sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa mengecek pengaturan printer dengan cara:

– Klik kanan pada ikon printer di taskbar, kemudian pilih Open Printer App atau Devices and Printers.
– Klik kanan pada printer yang bermasalah, kemudian pilih Printer Preferences atau Printer Properties.
– Periksa pengaturan seperti jenis kertas, ukuran kertas, dan orientasi cetakan. Jika pengaturan tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, maka ubahlah pengaturannya.

5. Lakukan update sistem operasi

Terakhir, Anda bisa mencoba melakukan update sistem operasi Windows ke versi terbaru. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah pada printer yang disebabkan oleh bug atau kesalahan pada sistem operasi. Untuk melakukan update sistem operasi, cukup buka Settings > Update & Security > Windows Update, kemudian klik Check for updates.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah Windows cannot print due to problem with the current printer setup. Jika masalah masih belum teratasi, Anda bisa mencoba mencari solusi lainnya atau meminta bantuan dari teknisi komputer yang lebih ahli dalam menangani masalah ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah pada printer.

Leave a Reply